Rabu, 25 September 2013

Mie Ayam Bakso ala #resepTheKarmis

Akhir pekan selalu menjadi waktu yang dinanti bagi ibu bekerja seperti Mrs Karmi. Pada masa-masa beristirahat ini, biasanya Mrs Karmi  meluangkan waktu untuk turun ke dapur menyiapkan hidangan untuk keluarga. Menunya biasanya agak berbeda dengan hari-hari biasa yang lebih mengandalkan praktis dan cepat.

Akhir pekan kemarin, mie ayam menjadi pilihan.
Cara membuatnya sangat mudah dan rasanya tidak kalah dengan mie ayam bikinan restoran lho. Yang pasti juga lebih sehat karena tidak menambahkan penyedap. Kuncinya ada pada pemilihan mie, pakai mie seperti yang dipakai abang-abang mie ayam, biasanya warnanya coklat ada putih-putih tepung, bentuk lebih kecil dari mie telor. Mie ini sudah digulung per 1 porsi jadi lebih enak membaginya. Biasanya bisa dibeli di supermarket besar seperti di Ranch market. Untuk topping mienya biasanya sih ayam, bisa juga ditambah sayuran seperti sawi, kangkung atau jamur kancing. Kuah mie juga memperkaya rasa. Kaldu kuah bisa didapat dari rebusan iga sapi atau tulang ayam, dibumbui minimal juga sudah enak. Selamat mencoba !

Bahan:
  • Mie telor 4 porsi
  • Bakso 12 butir (favorit kami Bakso SB Kepala Sapi, bisa dibeli dimana-mana)
  •  Sayuran bisa pakai sawi hijau, rebus
  • Untuk ayam: Fillet dada ayam 250 gr, bawang putih 3 butir dihaluskan, garam, lada bubuk, kecap manis, minyak goreng untuk menumis, air
  • Untuk kuah: Kaldu sekitar 1 liter*, bawang putih dihaluskan (digonso sebentar sampai wangi tapi tidak gosong), lada bubuk, garam, daun bawang
  • Untuk bumbu mie: garam, lada bubuk, kecap asin, minyak goreng 

Cara membuat
  1. Buat dulu ayam kecapnya: panaskan minyak goreng, tumis bawang putih halus hingga wangi, masukkan ayam, garam, lada bubuk, kecap manis dan air, masak hingga matang.
  2. Panaskan kaldu untuk kuah, masukkan bawang putih yang sudah digongso, garam, lada bubuk, masak hingga mendidih, masukkan bakso, masak hingga bakso matang dan merekah sempurna, sebelum diangkat masukkan daun bawang.
  3. Siapkan dalam mangkok saji, campurang untuk bumbu mie yaitu garam, lada, kecap asin, minyak goreng, takaran sesuai selera, aduk rata (kalau yang mau mie yamin bisa ditambahkan kecap manis)
  4. Didihkan air, rebus mie hingga matang (sekitar 3 menitan), angkat, tiriskan.
  5. Masukkan mie ke dalam mangkok yang sudah ada bumbu, aduk rata cepat
  6. Penyajian: Setelah mie siap, tambahkan ayam dan sayuran di atasnya. Kuah dan bakso disajikan di mangkuk terpisah  







Tidak ada komentar:

Posting Komentar