Senin, 10 Desember 2012

Ballet for Kids at D'Posture Cibubur..

Memilihkan kegiatan buat anak itu memang kadang memusingkan. Alhamdulillah kami tinggal di pinggiran ibukota sehingga kepusingan itu lebih terkait pilihan mana yang akan dipilih, jarak dari rumah dan tentu saja budget. Ada sebagian orang tua yang memilih untuk belum mengenalkan anak-anaknya pada kegiatan apapun, karena takut anaknya capek, atau merasa belum waktunya. Tentu itu sah-sah saja. Dunia anak memang bermain, tanpa terbebani oleh hal-hal lainnya.

The Karmis memiliki pemikiran yang lain, justru kami ingin mengenalkan Nasywa pada kegiatan-kegiatan positif sejak awal. Kalau memang bisa dimulai sejak awal kenapa tidak. Syaratnya tentu saja anak-anak memang menikmatinya, dan kegiatan belajarnya berlangsung secara fun sambil bermain. Apalagi Nasywa termasuk anak yang aktif dan tidak betah di rumah. Daripada dia hanya sekedar main-main di luar rumah lebih baik kita arahkan energinya untuk kegiatan yang positif. Setelah mencari beberapa masukan termasuk dari internet, maka kami sepakat kegiatan tambahan buat kakak Nasywa adalah Balet. Tempat balet terdekat dan bisa dimasuki anak usia 3 tahun adalah D'Posture Cibubur (http://dposturedancedance.blogspot.com/). Letak studionya ada di  Jl Alternatif Cibubur km 4 Kawasan Niaga Citra Gran Blok R 64 No 9. Jadi lokasinya ada di deretan ruko ruko di seberang gerbang masuk perumahan Citra Grand.

Penampakan luar D'Posture
 Saat pertama kali datang sebenarnya kami tidak sengaja, pas ada keperluan di daerah Cibubur. Tiba-tiba ingatlah kalau ada tempat les ballet D'Posture ini. Maka mampirlah kami melihat-lihat sambil nanya-nanya. Ternyata kita datang pada waktu yang pas karena memang sedang ada kelas Ballet for Kids 1 (usia mulai 3th). Namun karena kelas sudah dimulai dan Nasywa belum punya kostum, sehingga kami hanya melihat-lihat jalannya kelas. Meskipun free of charge, tapi pengajarnya (Miss Lanty) langsung mengajak Nasywa bergabung. Dia sangat suka latihan balletnya. Mungkin karena melihat kostum teman-temannya yang cantik.

Selepas lebaran, baru kami mendaftar di D'Posture, tanpa trial dulu. Biaya pendaftaran 200k, kostum balet 270k, dan biaya per bulan 200k. Nasywa langsung bisa berbaur dengan teman-temannya dan bisa mengikuti dengan baik. Mrs Karmi tidak bisa menunggu sepanjang latihan karena memang kebijakan miss Lanty apabila anak sudah bisa membaur tidak boleh di tunggu. Apalagi Nasywa juga jadi bermanja-manja kalau ditunggu mamahnya. Hitung-hitung sekalian belajar mandiri juga :)

Kegiatan ballet for kids di D'Posture sangat menyenangkan. Metode pengajarannya seperti bermain, namun diselipkan dasar-dasar gerakan ballet. Pengajarnya juga sangat lucu dan friendly. Biasanya, saat baru datang, anak-anak akan duduk melingkar di lantai studio. Sambil mengabsen, miss Lanty akan menanyai anak-anak dengan pertanyaan ringan seperti sudah makan belum, tadi makan apa, dll. Untuk anak yang baru bergabung ajang ini sekaligus perkenalan mereka kepada teman-temannya

Berikut gambaran kegiatan saat Nasywa baru sampai di studio. Studio ada di lantai 1, berlantai kayu dengan dinding berlapis kaca full dan pegangan besi di pinggirnya.
 Latihan ballet berlangsung selama satu jam (10-11, hari Sabtu). Dengan diiringi musik, kegiatan akan berlangsung fun, misalnya ada kalanya tema pinguin sehingga anak-anak akan mengikuti berbagai gerakan pinguin yang dicontohkan miss Lanty. Dalam latihan diselipkan gerakan-gerakan dasar ballet misalnya berdiri tegap, kaki membuka, dll

Di akhir latihan, sebagai reward biasanya miss Lanty akan membagikan stiker. Lihatlah, anak-anak tidak sabar menanti miss Lanty yang sedang mengambil stiker. Sampai-sampai lupa mempertahankan posisinya :)

 Urutan pemberikan stiker biasanya berdasarkan siapa yang dancing nya paling oke, dan paling bisa mengikuti arahan dari miss Lanty. Yah namanya juga anak-anak, selama latihan mereka biasanya lari-larian, atau sibuk teriak-teriak tidak mau mengikuti arahan miss nya.

Hari ini yang mendapat stiker pertama adalah Cici. Hebat cici :)
 Nasywa dapat urutan ke tiga setelah Cici dan Talita. Lihat posisi berdiri Nasywa yang tegap, meskipun kakinya lupa terbuka. Good Job Dearest :)
 Cium tangan miss Lanty sebelum pulang.
Sekarang sudah memasuki bulan ke tiga Nasywa bergabung di D'Posture. Banyak hal positif yang kami rasakan. Meskipun awalnya belum terlalu menikmati, namun belakangan Nasywa sangat menantikan sesi latihan balletnya. Di rumah pun, tanpa diminta dia akan mengulang sendiri gerakan saat latihan, dan dengan bangga memamerkannya pada kami semua. Tontonan favoritnya pun sekarang bukan lagi Dora atau Spongebob tapi berganti menjadi Angelina Ballerina. Bonus lainnya adalah postur Nasywa yang sudah agak berkurang ndutnya dan beralih ke tinggi badannya.

Kami sebagai orangtua hanya bisa mengarahkan anak kepada hal-hal yang positif. Prinsip kami, tidak ada salahnya mencoba, lagipula biasanya semua tempat les/latihan pasti menyediakan free trial. Pada kesempatan trial itulah  kita bisa melihat apakah anak minat atau tidak atau apakah metode pengajaran sesuai dengan apa yang kita mau. Kemudian kita harus terus memotivasi anak agar mereka bersemangat. Kita coba-coba aja semua kegiatan sampai kita menemukan apa minat dan bakat anak. Jangan sampai kita terlambat mengenalkan hal-hal yang baik pada anak. Pada saat golden agenya, memasukkan dasar-dasar minat belajar, minat pada art dan music, minat belajar agama adalah baik, agar terus terpatri sampai dia dewasa. Anak-anak itu hebat, dan fisiknya pun tidak selemah yang kita takutkan. Bahkan kadang karena menyukai, Nasywa tetap memaksa latihan ballet walau sedang tidak fit. Dan tentu saja harus ada komitmen yang tinggi dari orangtua. Kami konsisten mengosongkan jadwal Sabtu pagi demi bisa total mengantarkan Nasywa ballet. Semoga apa yang kami tanam sejak dini ini akan membawa kebaikan bagi Nasywa ke depan. Amiin...

5 komentar:

  1. halo Mama Nasywa, ini Bundanya Cici :)
    tadi lagi searching tentang D Posture eh mampir kesini, ada fotonya Cici hehe, terimakasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow makasih udh mampir n comment..cici emg hebat kok..plg bener gerakannya..tp kok jrg ktm cici yaa akhir2 ini..

      Hapus
  2. Hallo mama nasywa...perkenalkan ini mama cartenz...anak aku aku kelas tk b dan akan masuk sd,pd dasarnya anak aku suka menari bahkan ikut ekskul menari disekolah.Anak saya suka bertanya tth ballet..nah saya mau ajak free trial dan mau lihat ada minatnya tdk di ballet,kira2 disana adakah yg seumur dgn anak saya bln april ini 6 tahun dan berat badannya 32 kg hehehe...bgmn ya mom?terimakasih infonya mom.

    BalasHapus
  3. Info no tlpnya donk.ank sy lg pengen les balet nih

    BalasHapus
  4. Minta nmr tlpnnya ada nggak ya?

    BalasHapus