Senin, 13 Juli 2015

#Mudik2015: Lebaran di Payakumbuh Sumatera Barat

Ada yang aneh dengan judul Post kali ini?

Tidak Anda tidak salah dimensi waktu, sekarang memang sudah di penghujung Ramadhan tahun 2016. Adalah rasa malas yang akut, sehingga baru update kejadian setahun yang lalu. 

Padahal,  mudik selalu berkesan untuk The Karmis (dan hampir sebagian besar masyarakat perantau di Indonesia)

Karena mudik, berarti kembali ke asal, bersilaturahmi dengan orang tua dan kerabat, mengenang tempat-tempat yang meninggalkan jejak dalam hidup kita, makan enak! (wajib ini mah), dan merupakan ritual melepaskan diri dari rutinitas kerja di ibukota.

Tahun 2015, jatah The Karmis mudik ke kampung Mr Karmi di Sumatera Barat. Rute mudik kami ke Sumbar selalu diawali dengan pesawat ke Pekanbaru, lanjut jalan darat ke Payakumbuh. Kebetulan adik ipar tinggal di Pekanbaru, jadi kami lebih mudah untuk mendapatkan akomodasi darat (aka pinjem mobil hehe). Dan entah mengapa tiket pesawat ke Pekanbaru lebih murah daripada ke Padang.

Aktifitas pagi di hari raya dimulai dengan sholat Idul Fitri di jalan protokol kota Payakumbuh depan pasar. Bagi The Karmis, aktivitas tentu dimulai dengan foto dan selfie :)

Nenek dan Dua Cucu, Nasywa dan Kevin

Selfie Sebelum Sholat Ied 
The Karmis Seusai Sholat Ied
 Tahun 2015, kami membuat set baju lebaran dengan tema warna salem. Semua design, bahan dan jahit dengan Birunies (Tebet), yang ownernya Runi adalah rekan kuliah kami. Puas sekali dengan hasil jahitan Runi yang rapi.

Selesai sholat, khutbah dan bermaaf-maafan dengan orangtua, saatnya bersilaturahmi dan makan-makan. Alhamdulillah setelah sebulan puasa, semoga kita kembali fitri dan bisa mengecap kemenangan Idul Fitri dan menjadi pribadi muslim yang lebih baik sepanjang satu tahun ke depan

The Karmis dengan Orang Tua Mr Karmis
Bersama Nenek Buyut
Lebaran di Sumatera Barat berarti sajian makanan khas tanah minang seperti gulai, rendang, aneka balado, soto dan lain lain. Yang istimewa lagi ada juga Lamang dan tape ketan. Alhamdulillah nikmat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar