Senin, 13 Juli 2015

Dari Puncak Lawang, memandang Danau Maninjau

Setelah agenda silaturami lebaran selesai, The Karmis melanjutkan agenda dengan jalan-jalan keliling  di Sumatera Barat, terutama ke tempat-tempat yang kami belum pernah singgahi sebelumnya. Rute yang kami tempuh adalah Payakumbuh - Bukit Tinggi - Puncak Lawang - Danau Maninjau - Padang lewat kelok 44 - Payakumbuh. Road trip kali ini kami menggunakan mobil Innova agar lebih nyaman utk membawa rombongan 5 dewasa dan 2 anak.
Negeri di Atas Awan: best view Danau Maninjau dari Puncak Lawang


Sinar Matahari Pagi di Puncak Lawang
Aturan road trip kami adalah berangkatlah lebih pagi untuk menghindari kemacetan. Lebih baik agak repot karena harus bangun dan bersiap lebih awal,  daripada terjebak kemacetan. Sebagai informasi, macet karena lebaran di Sumatera Barat lumayan parah juga lho.

Berangkat dari Payakumbuh sekitar jam 7 pagi, kami meluncur menuju Bukittinggi untuk menjemput anggota rombongan lainnya, yaitu Tante Ija (adik Mr Karmi) dan si ndut Kevin. Kami sempatkan mampir ke minimarket untuk membeli perbekalan air minum dan snack ringan. Untuk makan besar sudah pasti lengkap disiapkan oleh Mama. Sedap!

Perjalanan Bukittinggi - Puncak Lawang sekitar 22 km menuju arah barat daya. Alhamdulillah lancar, sehingga hanya sekitar 45 menit kami sudah sampai. Puncak Lawang merupakan salah satu puncak bukit yang mengelilingi Danau Maninjau, salah satu yang paling populer. Jalan menuju ke sana cukup mulus, dengan pemandangan kiri kanan yang hijau dan segar. Saatnya mematikan AC mobil, membuka kaca, dan menikmati segarnya udara perbukitan.

Ternyata kami bukan yang paling pagi sampai ke Puncak Lawang. Parkiran di atas, yang memang kapasitasnya terpatas sudah penuh. Alhasil kami harus parkir di bahu jalan. Nanti akan banyak Abang Parkir yang mengatur parkir, serta yang paling penting, menyediakan baju ganjal roda mobil.




Hijaunya Hutan Pinus 
Kami harus berjalan kaki sekitar 200 meter dari parkir ke tempat piknik puncak lawang. Setelah menggelar tikar piknik dan mengeluarkan perbekalan, saatnya rehat dan menikmati pemandangan yang menakjubkan berupa Danau Maninjau yang terbentang di bawah sana. Langit biru dengan awan putih, ditemani semilir angin, ah indahnya pemandangan.

Selain piknik, di area Puncak Lawang juga tersedia beberapa aktivitas seru buat anak, seperti outbound dan flying fox. Bagi yang ingin lebih ekstrem, boleh dicoba aktivitas Paragliding, seperti yang ada di foto pertama di atas.

The Karmis dengan Latar Danau Maninjau

Main Bubble

Sibuk dengan aktivitas masing-masing

Atuk dan Nenek beserta dua cucu

Bertukar glasses 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar