Selasa, 15 April 2014

Umroh part 3: Madinah City Tour


Bersama sebagian rombongan, berpose di depan hotel
Salah satu kegiatan kita selama di Madinah adalah city tour. Hampir semua tour dan travel menawarkan fasilitas ziarah atau city tour kepada jamaahnya. Pembimbing rombongan kami mengingatkan di awal, agar kegiatan ziarah ini diniatkan sebagai bagian dari mendalami sejarah Islam, yang nantinya akan meningkatkan kecintaan kita kepada Allah dan Rosul keimanan dan ketakwaan kita. Amiin.






Tujuan pertama kami adalah Masjid Quba. Masjid Quba merupakan masjid yang pertama kali didirikan pada tahun pertama Hijriah. Peletakan batu pertama masjid ini dilakukan sendiri oleh Rasulullah. Masjid Quba memiliki keutamaan sebagaimana salah satu riwayat hadits: “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia shalat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umrah.”

Subhanallah. Betapa beruntungnya kaum di sekitar masjid Quba saat itu. Keutamaan ini, hadir sebagai hadiah hanya untuk kaum di sekitar masjid Quba, yang dahulu merupakan golongan dari kaum Anshar yang menerima dengan tangan terbuka hijrah Rasulullah. Pada  saat kondisi tidak memungkinkan untuk melakukan umroh --karena ancama kafir Mekkah-- maka Allah memberikan hadiah istimewa kepada masjid Quba yang sama keutamaannya dengan umroh.
Di depan Masjid Quba
Selanjutnya, kami mengunjungi Pasar Kurma. Tidak tepat juga sih disebut pasar karena penjualnya hanya satu hehe. Di sekitar pasar kurma terdapat kebun kurma. Sayang saat kami datang belum musim kurma muda--yang konon baik untuk yang sedang mengharapkan keturunan--. Kita bisa juga mencicipi beragam jenis kurma. Gratis. Selain kurma tersedia juga aneka jenis oleh-oleh yang lain seperti coklat, manisan, kacang-kacangan, dll. Terkait harga, menurut beberapa teman rombongan sih lebih mahal dari di Madinah, tapi di sini unggul karena jenisnya lebih banyak, dan bisa puas mencoba sebelum memutuskan membeli atau tidak.
Kebun Kurma

Pasar Kurma
Di sekitar Madinah terdapat beberapa tempat ziarah lainnya, seperti masjid Qiblatain, kawasan perang Uhud, makam syuhada, dll. Namun karena keterbatasan waktu, rombongan kami tidak mengunjungi semua tempat. Kami segera pulang ke hotel untuk bersiap bertolak ke Mekkah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar