Minggu, 09 September 2012

1st day school..

16 Juli 2012..mencetak sejarah baru perjalanan keluarga Karmi
This day was 1st day school kakak Nasywa @ playgroup Cikal Ceria
Membahagiakan dan mengharukan jadi satu..kayaknya baru kemarin kakak masih bayi masih digendong-gendong sama bunda ayah..eeh tiba-tiba aja sudah sekolah playgroup aja.

Pemilihan sekolah PG TK Cikal Ceria sih sederhana aja, hanya karena faktor lokasi..yang deket rumah saja.
Sebenernya bunda dan ayah sempet hunting juga ke beberapa PG di sekitaran Depok. Kira-kita beginilah resumenya:

1. Semut-semut Natural School (http://www.semut-semut.sch.id/)
Lokasinya ada di Jln. Industri Kapal Dalam RTM Kelapa Dua Cimanggis Depok, waktu itu rutenya kita dari Radar auri menuju RTM, ada plang nya di kanan jalan untuk masuk gitu ke dalam. Tempatnya asri, banyak pohon-pohonnya dan juga alat-alat outbound di luarnya. Gak sempat nanya-nanya soalnya waktu itu kita dateng hari minggu dan sekolah tutup (hehe..). tapi dari namanya bisa tau bahwa kurikulumnya mirip-mirip sekolah alam gitu yaa..cuma lokasinya agak jauh dari rumah kita, jadi yaa nggak jadi deh di sekolah ini..
2. Sekolah Karakter (http://www.ihf.or.id/id/kindergarten.asp)
Ini lebih ke impiannya bunda..habis baca websitenya ngileer karena dia pake kurikulum multiple intelegence, dan bukan cuma anaknya yang sekolah tapi orangtua nya sekolah juga karena sering ngadain seminar pendidikan gitu buat orangtua. Lokasinya juga strategis bangeet, di jalan raya bogor, sebelah GIANT Cimanggis. Cuma yaaa namanya sekolah bagus yaaa, ternyata waiting list untuk sekolah di sini udeh panjaaaang. Waktu bunda telp bulan Februari, untuk PG sudah full hiks hiks. Masih memendam hasrat untuk sekolahin kakak Nasywa di sini someday :)
3. Sekolah Alam Indonesia cabang Studio Alam Depok
Sekolah Alam Indonesia ini termasuk pioneer model sekolah alam di Indonesia. waktu bunda kerja di Muamalat, ada beberapa temen bunda yang nyekolahin anak di sini. Dari cerita anaknya, mereka sukaaaa banget sekolah di sini..Ya gimana enggak, sekolahnya nggak pake meja kursi tapi di saung-saung gitu dan lebih banyak menonjolkan aktifitas di luar. Sekolah Alam Indonesia baru buka di Depok (studio alam), jadi waktu kita nelp mau ngeliat ternyata sekolahnya masih baru dibangun hehehe..
Lagi-lagi pertimbangan jauhnya lokasi maka sekolah ini di delete

sebelum masuk wajib main dulu..
Akhirnya pencarian sekolah kakak lebih difokuskan di Jalan pekapuran dan sekitarnya..Pilihannya kita persempit menjadi 1 sekolah saja yaitu PG/TK Cikal Ceria. Waktu pertama dateng, kita rasanya sudah klik. Walaupun di pinggir jalan, tapi sekolah ini "ngantong", jadi di dalamnya luas. Untuk TK tipenya moving class, sedangkan PG masih di satu ruangan aja. pas pertama datang, kakak langsung suka. Apalagi, sebagian besar  senior kakak di kompleks (jiaaah beraat senior) sekolah di sini. Jadi ya udin pilihan ditetapkan kakak PG disini. Setelah daftar, kita ada sesi wawancara dengan psikolognya, baik untuk anak dan ortu. Menyenangkan sekaliii..Kita ditanya visi dan misi kita sebagai orangtua. Kita dengan mantapnya mengatakan bahwa kita menyekolahkan anak di PG untuk bermain, bersosialisasi dan belajar karakter-karakter yang baik disamping juga nilai agama. Kami memang belum menargetkan kakak bisa baca tulis hitung. Kami yakin nanti akan tiba waktunya dia punya keinginan belajar Calistung. Sekarang adalah saatnya dia bermain.

baris dulu..
 Awal ajaran baru, ternyata seminggu full belum masuk kelas dan lebih ke perkenalan lingkungan sekolah. Di tengah sekolah didirikan panggung, sekolah dihias warna warni ceria. Ide ini bagus juga, karena ternyata hari pertama masih banyak yang nangis. Alhamdulillah kakak nggak nangis, asyik main sama kakak-kakanya yang sekompleks. Malah bunda yang dicuekin hehehe jadi bunda sibuk aja foto-foto aktivitas kakak.

Jam 8 theng bel berbunyi.Anak-anak diarahkan berbaris sesuai dengan tingkatannya dan kelasnya. Bu gurunya mengarahkan anak-anak nyanyi-nyanyi dan ada yek-yel juga. Rame dan lucu..Habis baris, anak-anak duduk di depan panggung. Alhamdulillah kakak duduk paling depan. Secara bergantian anak-anak memperkenalkan diri di panggung.

kakak nasywa percaya diri..HEBAT
Kakak nasywa berani lho naik ke panggung, kalo enggak salah urutan ke 4. " Halo teman-teman, perkenalkan namaku Nasywa, umur 3 tahun, aku tinggal di CGR 2". Rasanya terharuuu banget dia berani naik ke panggung bareng ama kakak-kakak yang sudah TK. Ngomongnya jelas keras dan percaya diri. Alhamdulillah...Setelah acara perkenalan dilanjutkan makan bekal bersama di aula dan pulang. Kejutannya belum selesai. ternyata pas pulang anak-anak dapat bingkisan isinya snack. Pengalaman sekolah pertama yang menyenangkan...Banyak sekali harapan untuk kemajuan kakak ke depan.Insya Allah kamu bisa kakak Nasywa..Bunda dan Ayah selalu mendukung dalam doa dan biaya (iyaaa laah hari gini sekolaah mana ada yang murah hehe..)


2 komentar:

  1. Assalamualaikum mbak Saras, salam kenal. nyangkut di blog nya mbak nih, pas lagi browsing-browsing ttg sekolah karakter IHF. :) . kebetulan itu dekat dengan rumah saya dan saya lagi cari TK buat anak saya di tahun ajaran mendatang. Thanks ya mbak atas sharingnya. :)

    BalasHapus
  2. Sama-sama mbak..saya masih waiting list untuk masuk IHF..semoga bisa ketemu disana yaaa

    BalasHapus